0

Memilih Lampu Headlamp LED Mobil Atau Lampu Halogen? Coba Dulu Simak Ulasannya Berikut Ini!

Optimasi Dulu 6 days ago in By Screen / Publish 0

Lampu pada mobil merupakan bagian yang penting untuk keselamatan berkendara di jalan raya maupun di jalan perkampungan. Lampu memberikan sinar atau cahaya secara mandiri sehingga mobil tidak bergantung sepenuhnya pada lampu jalan. Memilih lampu headlamp yang terang dengan jarak pancar yang sesuai akan memberikan rasa aman yang lebih karena pengendara bisa memiliki jarak pandang yang lebih baik. Ada beberapa jenis headlamp yang beredar saat ini diantaranya adalah lampu headlamp led mobil dan lampu halogen berwarna kuning. Dari keduanya, mana yang sebaiknya Anda pilih? Hal tersebut sepenuhnya kembali pada selera, namun ada baiknya Anda mengetahui apa saja karakteristik kedua jenis lampu tersebut agar bisa memilih dengan lebih tepat.

Lampu headlamp halogen memiliki sinar berwarna kuning terang. Sinar kuning cenderung memiliki sifat yang lebih panas dan lebih tajam. Lampu halogen membutuhkan bahan bakar yang lebih banyak untuk menghidupkannya dibandingkan teknologi lampu led. Kelebihan dari lampu dengan sinar halogen adalah pada kekuatan sinarnya yang bisa menembus benda tipis seperti kabut ataupun titik hujan. Karena itulah kendaraan offroad tetap menggunakan lampu kuning halogen untuk mendapatkan penerangan yang maksimal di medan apapun. Untuk membeli lampu headlamp halogen ini Anda perlu mengeluarkan uang lebih banyak dibandingkan lampu headlamp dari led.

Lampu headlamp led mobil memiliki pancaran sinar putih yang lebih dingin namun lebih terang. Anda bisa mendekat ke sumber sinar led untuk melihat terangnya sinar yang diciptakan dari sumber lampu yang tak terlalu besar. Lampu led untuk headlamp mobil ataupun back lamp kini didesain dengan modern yang memberikan keunikan tersendiri bagi mobil Anda. Harganya pun tak terlalu mahal jika dibandingkan dengan lampu halogen. Karena lebih ekonomis, Anda bisa membeli lampu headlamp dengan tambahan lampu aksesoris lainnya. Namun ada kelemahan yang sering dialami oleh pengendara saat hujan yaitu kurang efektifnya lampu led untuk menembus titik hujan sehingga jarak pandang pengendara menjadi berkurang. Selain di cuaca hujan, saat jalanan berkabut, lampu led juga kurang bisa menembus kabut karena memang sifat dari sinar putih yang mudah dipantulkan.

Pada lampu halogen, memiliki masa hidup selama 1.000km perjalanan. Sedangkan untuk lampu led belum memiliki ukuran pasti. Dalam satu lampu led memiliki beberapa sel lampu yang disusun sesuai desainnya. Jika salah satu sel mati maka akan mempengaruhi nyala lampu. Saat hal ini terjadi Anda tak bisa hanya mengganti satu sel rusak itu saja namun harus mengganti lampu secara keseluruhan. Apapun pilihan Anda, apakah headlamp halogen ataukah lampu headlamp led mobil, Anda bisa menemukannya di Rumah Modifikasi dengan harga yang terjangkau. Pastikan Anda menggunakan headlamp yang sesuai untuk keamanan berkendara.