0

Mengenal Kista Gigi dan Jenis Kista Lain, Termasuk Cara Mencegah-nya !

Ling Shen 2 months ago 0

Bagian sekitaran gusi dan gigi faktanya juga bisa menjadi tempat kista bersarang selain hanya rahim saja. Kantong berisikan cairan yang terbentuk pada area di sekitar mulut dan gigi disebut dengan kista gigi. Biasanya, jenis kista gigi sendiri bisa terjadi karena adanya suatu infeksi pada bagian mulut karena adanya akar gigi yang sudah mati. Seringkali kista jenis ini tidak disadari keberadaannya. Saat sedang melakukan pemeriksaan dokter gigi lah baru jenis kista ini biasanya disadari oleh orang-orang atau saat melakukan rontgen pada bagian rahang.

Proses Terjadi

Kista gigi sendiri bisa terjadi karena adanya suatu infeksi yang bermula dari gigi bolong yang tidak terawat dan akhirnya menyebabkan peradangan yang berujung ada pulpa timbul. Ada juga penyebab lainnya yang berasal tidak dari gigi atau bisa berawal dari infeksi gigi. Biasanya kista jenis ini akan terjadi pada bagian belakang atau depan gigi. Gigi karies yang tak terawat juga bisa menjadi penyebab kista ini.

Kista dan Abses Beda

Kista dan abses sendiri merupakan dua jenis yang berbeda dimana jenis kista sendiri umumnya adalah kantong yang berisikan cairan dan abses berisikan nanah. Kedua hal yang berbeda ini sendiri bisa saja disertai dengan abses tapi kusta atau bukan abses.

Ciri-Ciri

Menurut seorang ahli gigi, kista gigi sendiri akan terjadi tanpa menimnulkan gejala yang terasa sehingga pasien tidak akan bisa mengetahui apakah ada kista dalam rongga mulutnya atau tidak. Namun kista ini bisa terdeteksi dengan mudah dengan hanya melakukan foto. Kerusakan pada tulang bisa disebabkan oleh kista gigi khususnya pada bagian sekitaran gigi yang akan habis karena kista. Ini membuat kista gigi tidak boleh disepelekan mengingat bisa menyebabkan destruksi wajah yang parah. Gigi yang tumbuh juga bisa menjadi berantakan karena jenis kista ini, namun bisa disembuhkan dengan melakukan operasi.

Selain kista gigi sendiri, kami juga menyiapkan beberapa informasi tentang jenis penyakit kista lain dan cara-cara mencegah-nya :

Jenis Penyakit Kista

Kista Ovarium

Benjolan yang berisikan cairan yang tumbuh dalam sel indung telur wanita atau ovarium adalah kista ovarium. Ini merupakan jenis kita yang paling sering terjadi dan bisa hilang dengan sendirinya tanpa membutuhkan perawatan khusus.

Kista Epidermoid

Ini adalah jenis yang tumbuh dalam bawah kulit dan bisa saja muncul pada abgian manapun layaknya wajah, kepala, punggung, dan lain-lain.

Kista Payudara

Benjolan kista bisa saja terjadi pada bagian payudara yang biasanya tidak memerlukan penanganan khusus jika tidak semakin membesar dan tidak menimbulkan rasa sakit.

Kista Ganglion

Salah satu penyakit yang menyebabkan benjolan atau jenis tumor jinak pada area sendi seseorang adalah Kista Ganglion. Penyakit ini bisa bertumbuh pada jaringan-jaringan yang menghubungan tulang dengan otot seseorang dan sering tumbuh pada bagian pergelangan tangan. Ukuran dari kista ganglion sendiri bisa saja menghilang, muncul, atau berubah dengan sangat cepat

Kista Baker

Kista baker merupakan sebuah benjolan yang berisikan cairan yang terdapat pada bagian lutut belakang seseorang. Ini akan menghasilkan pembengkakan pada bagian lutut belakang yang membuat rasa nyeri terasa ketika lutut digerakan. Rasa sakit ini akan membuat penderitanya mengalami keterbatasan gerakan. Penimbunan cairan sendiri sendiri yang menyebabkan kista baker terjadi disebabkan karena cedera atau adanya radang pada bagian lutut.

Gejala Kista

Gejala atau tanda-tanda secara spesifik umumnya tidak terjadi pada penyakit kista. Tanda atau ciri yang bisa dilihat kemungkinkan tidak akan terdeteksi jika ukurannya kecil. Namun kelamaan bila membesar maka dapat menekan organ lain yang bisa menjadi berbahaya.

Kista Payudara

  • Salah satu atau kedua payudara bisa ditemukan ciri-ciri kista
  • Berbentuk oval atau bulat dengan tipe yang jelas serta mudah digerakan dan benjolannya lembut
  • Puting yang terlihat seperti berwarna cokelat tua, kuning, atau bahkan bening
  • Area benjolan sering terasa nyeri
  • Ukuran benjolan yang bertambah dan rasa sakit yang lebih parah dari sebelumnya

Kista Kulit

  • Umumnya akan ada benjolan kecil dan bulat pada bagian bawah kulit di bagian leher, tubuh, atau wajah
  • Pembukaan pada benjolan tersumbat oleh komedo
  • Benjolan kadang mengeluarkan zat kuning yang berbau busuk

Kista Ovarium

  • Punggung bawah dan paha akan menjadi sakit sebelum saat periode menstruasi dimulai dan berkahir saat berhubungan intim
  • Tekanan pada usus yang menyebabkan nyeri pada saat buang air besar
  • Muntah dan mual serta terasa nyeri pada bagian payudara selama periode kehamilan
  • Perut yang terasa berat dan penuh

Makanan Pencegah Kista

1. Bawang Putih

Salah satu penyedap makanan yang sering digunakan di Indonesia ini ternyata juga bermanfaat dalam berbagai masalah kesehatan. Contohnya saja pada saat masa kehamilan. Ibu hamil dapat terlindung dari kista itu sendiri dengan cara memakan bawang putih secara teratur karena memiliki kandungan baik yang bisa melakukan proses penyembuhan kista ovarium dalam rahim. Bawang putih sendiri telah terbukti aman untuk dikonsumsi selama kehamilan asalkan mendapatkan persetujuan dari dokter dan dalam jumlah yang kecil.

2. Sayuran Hijau

Sayuran hijau memiliki kandungan kalori yang rendah dan dapat digunakan untuk membantu mengatasi masalah kista pada ibu hamil. Sayuran-sayuran hijau layaknya brokoli dan bayam memiliki kandungan antioksidan yang tinggi disertakan dengan kandungan vitamin, serat, dan mineral yang baik untuk tubuh. Indeks glikemik yang rendah juga dimiliki oleh brokoli yang bisa digunakan untuk mencegah pertumbuhan kista dan mengurangi resikonya.

3. Salmon

Menjaga asupan makan agar sehat tentu menjadi salah satu cara terbaik dalam mengatasi kista disaat sedang hamil. Salah satunya adalah dengan mengkonsumsi makanan rendah lemak layaknya ikan salmon. Salmon memiliki kandungan omega-3 yang baik untuk proses perkembangan otak janin serta kadar androgen yang dibutuhkan ibu hamil.

4. Telur

Fungsi ovarium dan juga hormon yang mengatur sistem reproduksi seseorang tentu dipengaruhi oleh asupan nutrisi yang masuk ke dalam tubuh. Oleh karena itulah, mengkonsumsi makanan seperti telur yang memiliki kandungan protein tinggi serta vitamin B12 sangat baik untuk tubuh. Pembentukan sel darah merah dan fungsi saraf yang baik bisa dipengaruhi oleh telur. Kista juga bisa ditangkal oleh protein dalam telur.

5. Alpukat

Alpukat seperti sayuran dan jenis buah lainnya mengandung jumlah serat yang cukup tinggi dan menjadi sumber serat baik. Tentu ini sangat berguna untuk kista karena pemasukan serat yang baik ke dalam tubuh bisa menurunkan risiko dari kista itu sendiri. Alpukat juga merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di Indonesia sendiri. Buah ini memiliki kandungan antioksidan tinggi yang bisa bermanfaat untuk kesehatan tubuh secara menyeluruh. Kerja antioksidan sendiri bisa digunakan untuk pengurangan radikal bebas dari tubuh yang akan membantu proses pencegahan dan pertumbuhan sel tumor atau kista.
Mengurangi radikal bebas dalam tubuh berarti Anda mencegah sel-sel kanker tumbuh dan menyebar ke seluruh tubuh.

Selain itu, antioksidan yang tinggi juga bisa digunakan ternyata untuk melawan peradangan yang terjadi dalam tubuh seseorang. Hal ini akan membuat tingkat peradangan menjadi sangat rendah sehingga risiko tumor ganas seperti kanker bisa dicegah. Alpukat juga seringkali dikenal dengan nama super food karena banyaknya kandungan gizi dan manfaat yang ada di dalamnya.

6. Apel

Kista bisa diatasi dengan sangat baik dengan cara mengkonsumsi buah apel yang telah melalui sistem difermentasi dengan sangat baik. Pasalnya, apel juga dikenal akan manfaatnya dari sari cuka apel sendiri dalam menghilangkan jerawat. Ini juga bisa dimanfaatkan dalam mengatasi kista. Sari cuka apel juga memiliki cara konsumsi yang sangat mudah dimana cukup dicampurkan ke dalam air hangat dan diminum saja. Hal ini sudah terbukti akan manfaatnya dalam kehidupan sehari-hari.

7. Belimbing

Buah yang satu ini bisa dikonsumsi dengan berbagai cara contohnya saja dengan dimakan langsung ataupun dijadikan jus. Berbagai manfaat diberikan oleh buah ini yang ternyata sangat bagus dalam mengatasi dan menghentikan perkembangan sel kista. Buah ini tentu harus diperhatikan dan pastikan anda mengkonsumsinya dalam keadaan yang telah matang sempurna.

8. Jambu

Jambu biji juga ternyata merupakan buah yang sangat bagus untuk kista. Pasalnya, buah ini bisa mempercepat proses penyembuhan dan pengobatan kista. Jambu ini juga dikenal karena manfaatnya dalam mengatasi tekanan darah tinggi.

Baca Juga :